Selasa, 06 Juni 2017

Penegak Calon

 Calon Penegak / Penegak Calon 

            Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun.  Secara umum usia tersebut   disebut masa sosial (Kohnstam) atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemauannya kuat, agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif, sudah mengenal cinta dengan lain jenis kelamin.
 Dalam Golongan Penegak, seorang peserta didik akan mengalami beberapa tahapan sebelum menjadi seorang pramuka. Tahapan tersebut terdiri dari penegak tamu, calon penegak, penegak bantara, penegak bantara dan pramuka penegak Garuda. 
Tahap kedua adalah penegak calon atau Calon ppenegak. apa itu ayo kita bahas satu persatu :
a.              Calon  penegak  ialah  tamu  ambalan  yang  dengan  sukarela  menyatakan  diri sanggup menaati peraturan dan adat ambalan, dan di terima oleh semua anggota ambalan untuk menjadi anggota ambalan tersebut.
b.              Perpindahan  status  dari  tamu  ambalan  menjadi  calon  penegak  dilaksanakan dengan  upacara  sederhana  dan  dialog  yang  mengandung  pendidikan  bagi segenap anggota ambalan tersebut.
c.               Lamanya menjadi calon penegak sedikitnya 6 (enam) bulan.
d.             Calon penegak harus menyadari hak dan kewajibannya sebagai berikut:
·         Tidak mempunyai hak suara dalam musyawarah.
·         Mempunyai hak bicara dalam diskusi, pertemuan, dan musyawarah. 
·         Harus mengikuti acara ambalan yang bersangkutan.
·         Berkewajiban menyelesaikan SKU tingkat penegak bantara.
·         Berkewajiban ikut menjaga dan mengembangkan nama baik ambalannya.
·         Tidak mempunyai hak mengikuti kegiatan Penegak di tingkat ranting, cabang, daerah dan nasional.
e.               Dalam proses pembinaan, setiap calon penegak didampingi oleh dua orang penegak bantara/laksana yang berfungsi sebagai pendamping kanan (moral) dan pendamping kiri (keterampilan).

f.                Saat upacara penerimaan penegak Calon, seorang penegak calon yang telah diterima  akan mendapatkan SKU penegak bantara dan akan mulai mengisi SKU tersbut. 

Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan

Pesta Siaga Bukan Perlombaan Untuk Mencari Kejuaraan Pramuka Siaga adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia antara 7-10 tahun....