Tuesday, June 6, 2017

Penegak Laksana


Penegak Laksana 

     Penegak adalah anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun.  Secara umum usia tersebut   disebut masa sosial (Kohnstam) atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri, memiliki semangat yang kuat, suka berdebat, kemauannya kuat, agak sulit dicegah kemauannya apabila tidak melalui kesadaran rasionalnya, ada kecenderungan agresif, sudah mengenal cinta dengan lain jenis kelamin.
 Dalam Golongan Penegak, seorang peserta didik akan mengalami beberapa tahapan sebelum menjadi seorang pramuka. Tahapan tersebut terdiri dari penegak tamu, calon penegak, penegak bantara, penegak bantara dan pramuka penegak Garuda. 
Apa itu penegak Laksana ? Mari kita Jawab :

a.       Penegak  Laksana  ialah  penegak  bantara  yang  telah  memenuhi  SKU  tingkat penegak laksana dan menaati adat ambalan.
b.      Perpindahan  dari  penegak  bantara  menjadi  penegak  laksana  dilaksanakan dengan upacara kenaikan tingkat dengan  mengucapkan  ulang  janji  Tri  Satya dengan sukarela dan berhak memakai tanda pengenal untuk penegak laksana.
c.       Selama  menjadi  penegak  laksana  diberi  kewajiban  memimpin  kegiatan  bakti untuk Gerakan Pramuka dan masyarakat.
d.      Seorang  penegak  laksana  tetap  melanjutkan  latihan  dan  kegiatannya  yang dikembangkan untuk:
·           Meningkatkan pencapaian SKK sehingga mendapatkan tanda  kecakapan khusus yang lebih tinggi.
·           Memperdalam dan  menambah  keikutsertaannya  dalam  satuan  karya pramuka. 
·           Mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka.
·           Memberikan kesempatan untuk membaktikan dirinya  dengan  membantu menyelenggarakan latihan atau kegiatan untuk pramuka siaga atau pramuka penggalang.

·           Berperanserta dalam memberikan bantuan  kepada  kwartir  sesuai  dengan kemampuan dan kesempatan yang ada padanya.

kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji  Hub 085 226 887 668 ( hanya SMS)


No comments:

Post a Comment